rokushiki

Rokushiki adalah sebuah seni bela diri spesial dan khusus. Dalam Viz Manga dan FUNimation dub, Rokushiki juga disebut Enam Kekuatan. Masing-masing dari teknik ini membuat penampilan mereka pada chapter-chapter dan episode yang berbeda-beda, namun teknik ini membuat penampilan perdananya pada Chaper 342 dan Episode 242. Pertama kali diperkenalkan sedang digunakan oleh para agen CP9.
Rokushiki
Statistik
Nama:Rokushiki
Japanese:六式
Romaji:Rokushiki
Inggris:Six Powers (Viz Manga dan FUNimation dub)
Arti:Enam Gaya Bertarung
Debut:Chapter 342Episode 242
Pengguna:Bermacam-macam
Fokus Gaya Bertarung:Teknik Spesifik, Latihan Luar Biasa

Kekuatan para pengguna Rokushiki diukur dengan Doriki, dimanaFukurou mampu menggunakan "Te-awase" miliknya untuk menghitung Doriki. Semakin tinggi level, maka semakin kuat juga potensi kekuatan dari masing-masing teknik. Sebagian besar pengguna memiliki variasi mereka sendiri dari setiap teknik, untuk meningkatkan fleksibilitas dan orisinalitas mereka. Selain itu, pengguna tertentu cenderung lebih fokus pada satu teknik, seperti Fukurou dengan SoruJabra dengan TekkaiKaku denganRankyaku, dan Rob Lucci dengan Shigan.
Rokushiki adalah gaya bertarung utama yang digunakan oleh organisasi rahasia milik Pemerintah Dunia, para agen CP9, tetapi beberapa Marinir juga mampu menggunakannya. Coby menggunakan Soru saat berhadapan dengan Monkey D. LuffyWakil Laksamana Momonga dan Dalmatian menggunakannya untuk melawan Luffy di Marineford, dan Dalmatian juga menggunakan Shigan untuk melawan Luffy, Wakil Laksamana Vergo menggunakannya kepada beberapa Marinir G-5 di Punk Hazard, dan Kapten Tashigi menggunakannya selama konfrontasi melawan Monet. Tidak diketahui persis seberapa banyak Rokushiki tersebar di kalangan Marinir dan bagaimana teknik ini diketahui secara luas, tetapi tampaknya teknik yang paling umum dikenal adalah Soru.
1. geppou
Geppo
Geppou
Statistik
Nama:Geppo
Japanese:月歩
Romanji:Geppō
Inggris:Moonwalk; Geppou
Arti:Langkah Bulan
Debut:Chapter 343Episode 242
Pengguna:Agen CP9NeroMomonga,VergoKibin (filler), Shuzo (filler),Sanji
Fokus bertarung:Lompatan Udara
Geppo adalah salah satu dari enam teknik yang disebut "Rokushiki". Geppo memungkinkan pengguna untuk benar-benar melompat dari udara, yang memungkinkan mereka untuk tetap di udara lebih lama dari biasanya. Anggota CP9 dapat menggunakan teknik ini untuk menempuh jarak yang jauh tanpa pernah menyentuh tanah, atau untuk mengatur diri mereka dalam melancarkan serangan udara yang cepat.
Tidak ada anggota CP9 yang pernah diperlihatkan menunjukkan variasi dari teknik ini, dengan pengecualian Kamisori milikLucci dan Geppo menggunakan kaki satu milik Fukurou (yang secara teori, mungkin bisa digunakan oleh pengguna Geppo yang lain). Pernah sekali digunakan secara agresif oleh Lucci, melakukannya dengan gerakan supleks saat Luffy berada di punggungnya. Dampaknya yaitu meninggalkan kawah besar di lantai.
Sedangkan teknik ini sendiri memberikan beberapa keuntungan baik di dalam pertarungan atau di luar bagi penggunanya, namun teknik ini memiliki satu kelemahan utama: karena penggunaannya sangat tergantung pada kaki pengguna, menahan atau menjepit salah satu bagian bawah tubuh pengguna bisa menyebabkan gangguan pada penggunaaan Geppo. Hal ini terlihat selama pertarungan Fukurou denganFranky, di mana Franky berhasil menarik kaki Fukurou sehingga menyebabkan teknik ini terganggu. Namun, perlu dicatat bahwa Rob Lucci pernah terlihat menendang udara dengan satu kaki pada suatu waktu dan terlihat seperti melompat serta menjaga dirinya mengapung. Sama seperti Soru, terdapat versi lain dari teknik ini.
2. Tekkai
Tekkai
Tekkai
Statistik
Nama:Tekkai
Japanese:鉄塊
Romaji:Tekkai
Inggris:Iron Body
Arti:Gumpalan Besi
Debut:Chapter 344Episode 243
Pengguna:Agen CP9, Kibin (filler),Shuzo (filler)
Fokus Gaya Bertarung:Pemadatan Otot

Tekkai adalah teknik yang digunakan dengan mengeraskan otot para pengguna untuk setingkat dengan besi, yang berguna untuk menghilangkan efek kerusakan dari serangan lawan. Namun, hal itu dapat dipatahkan oleh kekuatan yang cukup kuat seperti berbagai Gear milik Luffy, Shishi Sonson dan Tatsumaki milik Zoro, Diable Jambe milik Sanji, dan Strong Hammer milik Franky.
Ketika Tekkai aktif, pengguna tidak dapat bergerak, dengan pengecualian untuk Tekkai Kempo milik Jabra. Tekkai juga dapat digunakan untuk meningkatkan serangan pengguna dengan tingkat kepadatan yang ditingkatkan dari penggunaan Tekkai, mirip dengan Busoshoku Haki.

Kekuatan Tekkai dapat bervariasi sesuai dengan kondisi fisik penggunanya, orang yang mempunyai kekuatan otot dengan tingkat yang lebih tinggi mampu mendapat kekuatan yang lebih kuat dan meningkatkan serangan dengan penggunaan Tekkai. Selain itu, meskipun salah satu keuntungan ketika menggunakan teknik ini adalah meningkatkan kepadatan fisik, kita harus ingat bahwa tubuh pengguna masih merupakan darah dan daging. Dengan demikian, ketahanan terhadap serangan yang bukan serangan fisik tetap sama, membuat pengguna rentan terhadap serangan tertentu. Sebuah contoh adalah selama pertarungan Sanji dan Jabra di mana ia menggunakan kekuatan pembakaran gesekan untuk membakar menembus Tekkai Jabra atau ketika Franky menggunakan tangan besi yang sebenarnya untuk menerobos Tekkai milik Fukurou. Dengan demikian, seorang ahli Tekkai akan sangat sulit dihancurkan, seperti Rob Lucci yang berhasil menahan tembakan meriam pada usia 13 tahun.
3. Shigan

Shigan
250px-Shigan Infobox
Statistik
Nama:Shigan
Japanese:指銃
Romanji:Shigan
Inggris:Finger Pistol (Viz Manga dan FUNimation dub); Shigan (Unlimited Adventure)
Arti:Pistol Jari
Debut:Chapter 344Episode 243
Pengguna:Agen CP9DalmatianVergo,Shuzo (filler)
Fokus Gaya Bertarung:Mempertajam Jari
Shigan adalah teknik pertempuran jarak dekat, di mana pengguna mendorong jari mereka ke targetnya pada kecepatan yang sangat tinggi, meninggalkan luka yang mirip luka tembak.
Ini adalah teknik yang sangat berguna yang dapat terhubung dengan cepat dan akurat, yang bekerja sangat baik dengan kecepatan pengguna yang mengesankan. Namun teknik ini tidak pernah digunakan untuk melawan atau menangkis serangan lain yang lebih kuat dalam pertarungan, yang kemungkinan karena pengguna bisa dengan mudah mematahkan jarinya dan lebih memilih menggunakan Tekkai. Bentuk Shigan berasal dari bentuk jari, maka serangan Shigan ini akan mempunyai dampak lebih pada tubuh karet Luffy (yang biasanya mampu menangkis peluru) jika lebih tajam dari peluru bulat dan lebih menyerupai peluru modern jaman sekarang.
Sebuah titik yang lebih tajam telah ditambahkan dalam teknik ini saat LucciJabra, dan Dalmatian berubah menjadi bentuk setengah binatang, memungkinkan penggunaan cakar mereka menggunakan Shigan seperti layaknya peluru modern yang sebenarnya, bukan hanya untuk menusuk lawan mereka. Sejauh ini, tampaknya setiap anggota CP9 memiliki versi Shigan mereka sendiri, selain BluenoNero, dan Spandam, dua orang terakhir bahkan tidak tahu cara menggunakan teknik ini.
Dalam pertanyaan penggemar di SBS, Oda mengatakan bahwa jika anda tertusuk oleh Shigan di bagian pantat, maka anda akan meninggal. Di SBS lain, Oda juga mengklaim bahwa para agen CP9 akan mengalami keseleo pada jari mereka apabila gagal selama latihan menggunakannya.
4. Rankyaku
Rankyaku
250px-Rankya
Statistik
Nama:Rankyaku
Japanese:嵐脚
Romanji:Rankyaku
Inggris:Tempest Kick (Viz Manga dan FUNimation dub)
Arti:Kaki Badai
Debut:Chapter 345Episode 244
Pengguna:Agen CP9Nero
Fokus Gaya Bertarung:Menendang Pisau Udara
Rankyaku adalah teknik proyektil yang kuat, di mana pengguna memulai dengan menendang pada kecepatan yang sangat tinggi dan kekuatan yang besar, mengirimkan sebuah pisau udara tajam yang bisa mengiris benda dan bersifat sangat merusak jika terkena tubuh manusia. Namun, telah terbukti bahwa semua tambahan (seperti ekor atau leher) juga mampu melakukan gerakan ini.
Dari semua agen CP9Kaku adalah agen yang paling menguasai teknik ini, yang dia gunakan bersama dengan kedua pedangnya dalam teknik Yontoryu. Selain itu, meskipun tidak memiliki pelatihan formal atau bahkan pengetahuan umum, ia mampu menciptakan beberapa varian baru dari Rankyaku dalam bentuk setengah jerapahnya.





5. Soru

Soru
250px-Soru Infobox
Statistik
Nama:Soru
Japanese:
Romanji:Soru
Inggris:Shave
Arti:Mencukur
Debut:Chapter 347Episode 243
Pengguna:Agen CP9NeroMonkey D. Luffy,CobyMomongaDalmatian,VergoTashigiKibin (filler),Shuzo (filler), Binz (film)
Fokus Gaya Bertarung:Kecepatan Gerakan
Soru memungkinkan penggunanya untuk bergerak dengan kecepatan yang sangat tinggi untuk menghindari serangan, serta untuk menyerang pada kecepatan yang lebih tinggi dan dengan kekuatan yang lebih besar. Hal itu terungkap bahwa prinsip gerakan ini adalah menendang tanah setidaknya sepuluh kali dalam sekejap mata. Coby terlihat mampu menggunakan gerakan ini selama pertarungan pertemanan dengan Luffy setelah Arc Enies Lobby dan selama Arc Marineford. Karena Nero tidak memiliki pelatihan yang cukup, Soru yang digunakannya lebih seperti lari cepat daripada menghilang seperti pengguna Soru yang lain.
Hal lain yang perlu dicatat dari keterampilan khusus ini adalah bahwa teknik "Shakushi" milik Kuro mempunyai kecepatan yang mampu menyamai Soru para agen CP9. Perbedaannya adalah ketika Kuro menggunakan teknik itu, dia tidak bisa melihat apa yang ia serang, atau seberapa jauh ia pergi, sedangkan CP9 telah menguasai kemampuan ini. Fakta bahwa orang lain, di luar keanggotaan CP9 telah diperlihatkan mampu meniru gerakan ini (baik dengan menyalin gerakan atau mengembangkan versi mereka sendiri), menunjukkan bahwa Soru mungkin adalah teknik yang paling mendasar dalam Rokushiki. Hal ini didukung oleh fakta bahwa Coby menggunakan (dan menguasai) Soru, meskipun ia belum menunjukkan kemampuan untuk menggunakan teknik Rokushiki lainnya.
6. Kami-e
Kami-e membuat tubuh pengguna menjadi melemas guna menghindari serangan-serangan lawan, dan mengapung layaknya sebuah kertas.
7. Rokugan
Rokuogan
Statistik
Nama:Rokuogan
Japanese:六王銃
Romanji:Rokuogan
Inggris:Six King Gun (FUNimation); Roku-oh-Gun (Unlimited Adventure); Six King Pistol (Viz)
Arti:Enam Senjata Raja
Debut:Chapter 425Episode 308
Pengguna:Rob Lucci
Fokus Gaya Bertarung:Gelombang Kejut 
Rokuogan adalah teknik rahasia dan terakhir dari keenam teknik "Rokushiki". Sejauh ini, teknik ini hanya dapat digunakan oleh Rob Lucci.
Rokuogan adalah serangan rahasia dan terakhir dari gaya bertarung Rokushiki. Rob Lucci mengatakan bahwa hanya mereka yang memiliki penguasaan mutlak dari enam keterampilan lainnya dapat memiliki akses ke keahlian ketujuh ini.
Pengguna menempatkan kedua kepalan tangannya tepat di depan target dan meluncurkan gelombang kejut yang menghancurkan, dan tampaknya memiliki kekuatan yang sama dengan Impact Dialatau bahkan Reject Dial (tergantung pada jumlah energi yang diserap oleh dial), dan menyebabkan luka besar. Teknik ini hanya digunakan dalam situasi putus asa seperti Lucci yang selalu ditampilkan dalam kondisi kelelahan dan terengah-engah setelah menggunakannya.
Sumber: http://id.onepiece.wikia.com/
Previous
Next Post »
Thanks for your comment